Modul Kamera ADAS LG Resmi Hadir Pada Seri Mercedes-Benz C-Class 2021

aLG ADAS 01

 

PropertiDesain.com – LG Electronics (LG) dalam pengembangan produk berbasis Artificial Intelligence (AI) tampak semakin meluas. Perusahaan elektronik ini  baru saja memperkenalkan modul kamera Advanced Driving Assistance System (ADAS).

Menggabungkan berbagai pengembangan AI dan deep learning, pengembangan produk ini sejalan dengan pengembangan keselamatan dan kenyamanan berkendara. Kolaborasi LG dengan Mercedes-Benz membuat modul kamera cerdas pendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara ini akan dapat ditemui pada mobil terbaru Mercedes-Benz C-Class 2021.

Sebagai modul kamera pendukung berkendara, LG ADAS membawa serta berbagai inovasi teknologi terkini LG melalui pengalaman panjangnya dalam industri komunikasi bergerak, pengenalan gambar, konektivitas, kecerdasan buatan dan deep learning. Rekam jejak LG dalam pengembangan berbagai aspek tersebut membuat modul kamera LG ADAS mampu mengumpulkan dan memproses berbagai informasi lalu lintas untuk kemudian membantu pengemudi merespon kondisi tersebut secara seketika (real-time).

Sistem yang dibangun mendukung modul kamera LG ini tak saja secara akurat mengenali lingkungan sekitar dan terus-menerus menganalisis posisi kendaraan terhadap objek yang tengah bergerak maupun diam, namun pula akan melakukan pengereman secara otomatis saat sinyal mendeteksi kemungkinan terjadinya tabrakan. Data kamera juga memungkinkan sistem memberi pengingat pada pengemudi jika secara tak sengaja menyimpang ke jalur berikutnya atau terlalu dekat dengan kendaraan di depannya.

aLG ADAS 02

Pengembangan inti berbasis AI dan deep learning dalam modul kamera LG ADAS ini pun diperkuat dengan berbagai fitur pendukung yang berorientasi pada keselamatan pengendara. Bahkan, LG ADAS telah memiliki dua fitur dasar yang bakal diwajibkan bagi kendaraan baru di banyak negara pada tahun 2022 mendatang. Keduanya yaitu Automatic Emergency Braking (AEB) dan Lane Departure Warning (LDW). Dengan dukungan LG ADAS, fitur kelengkapan masa depan ini telah dapat dinikmati pada kendaraan mobil Mercedes Benz C-Class terbaru.

LG ADAS  dilengkapi berbagai fitur untuk pendukung kenanyaman berkendara. Lane Keeping Assist (LKA) yang akan membantu pengendara untuk tetap dalam jalurnya, Traffic Sign Recognition (TSR) yang mengenali dan menjadi pengingat pengendara pada rambu jalan, Intelligent Head-Light Control (IHC) yang otomatis melakukan penyesuaian pencahayaan lampu hingga Adaptive Cruise Control (ACC).

Menapak dari kesuksesan kerjasamanya dengan Mercedes-Benz ini, LG menyatakan, unit bisnis Solusi Komponen Kendaraan (Vehicle Components/VC) akan terus memperluas kerjasama dengan merek mobil global lainnya seperti Ford dan Cadillac. Perusahaan kongsian LG Magna e-Powertrain ini bahkan menyatakan tengah memfokuskan diri dalam memproduksi e-motorinverter, pengisi daya on-board dan system e-drive untuk pasar kendaraan listrik (EV).

Apalagi dengan pengakuan yang telah didapatkan unit bisnis LG ini dari TÜV Rheinland sebagai organisasi pengujian dan sertifikasi global untuk keamanan produk. Terkait dengan sertifikasi ini, modul kamera depan ADAS telah mengantongi sertifikasi ISO 26262 Produk Keamanan Fungsional dan Proses Keamanan Fungsional.

“LG telah berkolaborasi dengan Mercedes-Benz AG/Daimler AG selama hampir satu dekade dalam persiapan masa depan mobilitas dan kendaraan otonom,” kata Kim Jin-yong, Presiden Perusahaan Solusi Komponen Kendaraan LG Electronics. “Ini adalah kemitraan kami dengan para pemimpin industri otomotif yang memungkinkan kami untuk membawa inovasi kami ke ruang kendaraan dan membantu membuat jalan di dunia lebih aman untuk semua orang,” tutup Kim Jin-yong.