Metaphor Buka Showroom  Modulo dan Ikons di Kawasan Kemang

aMODULO wide

Peliput : Ukie

Prode.c0m – Memiliki hunian dengan desain cantik dan nyaman menjadi impian semua orang. Untuk mendapatkan dekorasi terbaik, furnitur dan elemen dekorasi lainnya harus dipilih dengan pertimbangan detail.  Banyak orang mencari furnitur yang berkualitas dan nyaman untuk dinikmati.

Melihat kebutuhan tersebut Metaphor sebagai salah satu konsultan desain interior dan arsitektur di Indonesia, yang memiliki pengalaman dalam merancang hunian serta bangunan komersial, membuka showroonm furniture melalui dua brandnya, yakni Ikons dan Modulo, di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

James Wijaya, Principal Metaphor, mengatakan pembukaaan showroom ini juga untuk mengantisipasi  minat akan produk lokal buatan Indonesia yang semakin tinggi.

“Dengan pengalaman merancang interior dan arsitektur untuk bangunan komersial, membuat kami memiliki pemahaman mendalam dalam mewujudkan standar kenyamanan, baik untuk pengguna maupun pengelola,” ujar James Wijaya pada pembukaan showroom yang berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta.

Menurut James Wijaya, dua brandnya masing masing Ikons Modulo dan Ikons  memiliki DNA yang berbeda, yakni Ikons untuk desain komersial dan Modulo untuk desain residensial.

 Furnitur  brand Modulo ini dengan konsep butik sejak tahun 2018 dengan visi memberikan solusi satu atap kepada pemilik rumah atau pemilik proyek untuk mendapatkan desain interior yang baik dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mulai dari kamar tidur, ruang duduk, ruang makan, dan dapur, Modulo memberikan koleksi desain modern yang nyaman dan hangat serta didukung oleh layanan desain interior, penyesuaian produk, dan juga konstruksi interior (design&build). Kombinasi yang akan memberikan kemudahan bagi pemilik rumah untuk bisa mewujudkan hunian sesuai harapannya.

Sesuai dengan namanya, kata James, Modulo dapat dengan mudah menyesuaikan desainnya di dalam ruangan mana pun.  “Misalnya ketika seseorang ingin sofa dengan dudukan tiga atau dua, bisa kami hadirkan sesuai dengan kebutuhan,” tambah James. Untuk menghadirkan desain terbaik, Modulo mendapat dukungan dari beberapa brand interior seperti Zbom (wardrobe dan kabinet dari Tiongkok), Bottega Artisan, Serba Antik, dan Lightvolution. Sementara itu, Ikons saat ini didukung Cosentino, Vania, dan Leder Haus.

Selama ini kami juga mengerjakan banyak proyek residensial dan juga apartemen, sehingga ada banyak kebutuhan dan tuntutan yang harus mendapat respon desain yang proporsional. Modulo hadir untuk menjawab hal ini. Dalam konteks design&build, koleksi furnitur di sini didukung oleh layanan desain untuk bisa mendapatkan hasil paripurna yang sesuai dengan harapan klien,” James Wijaya menjelaskan.

Modulo merepresentasikan desain yang berangkat dari pemahaman akan kenyamanan dari riset, pengamatan, serta pengalaman puluhan tahun mengerjakan proyek dengan beragam skala dan karakter. Kualitas tidak lagi hanya terletak pada tampilan visual dan kekuatan bahan, tetapi banyak aspek dan detail yang hanya didapat dari pengalaman.

James mengatakan para klien bisa memilih material terbaik untuk desain rumah mereka.  Modulo menyesuaikan beragam pilihan bahan material, dari MDF, kayu, kaca, batu alam, lether, hingga fabric.  “Untuk pilihan bahannya, tergantung kebutuhan klien seperti apa tampilannya. Misalnya, ketika membutuhkan kesan luxury pada tampilan lemarinya, material kaca bisa dipakai, atau ingin menutup semua lemarinya bisa menggunakan bahan kayu,” jelas James. Sesuai dengan namanya, kata James, Modulo dapat dengan mudah menyesuaikan desainnya di dalam ruangan mana pun.

aIMG20221110142752

Metaphor  juga mengantisipasi percepatan pertumbuhan perkembangan industri desain interior yang kian progresif terutama menjamurnya pertumbuhan restoran dan café-café serta rumah tinggal menengah.

Bangunan komersial merupakan area publik yang banyak dikunjungi orang dalam frekuensi yang cukup tinggi. Oleh karena itu furnitur di area ini harus memiliki kekuatan secara struktur dan material yang cukup kuat dan awet.

Selain itu, bentuk dan dimensinya harus menyesuaikan dengan karakter kegiatan yang diwadahinya. Untuk restoran cepat saji tentunya akan memiliki tuntutan dan kebutuhan yang berbeda dengan fine dining. Aspek proporsi dan visual tentunya kemudian harus mendukung suasana serta menyesuaikan dengan cara menikmati hidangan yang ada dalam menu.

Jadi ada aspek yang perlu diperhatikan secara detail di setiap furnitur. Kami memiliki pabrik manufaktur sendiri dan dengan serius melakukan riset dan pengembangan di setiap model yang diproduksi, sehingga tidak salah bila orang mengandalkan produk Ikons.

Ikons memiliki koleksi berkualitas tinggi yang telah melalui riset dan pengembangan yang menyeluruh. Detail dari furnitur menjadi sangat penting dalam desain interior untuk bangunan komersial, tidak hanya masalah proporsi dan dimensi bagi ergonomis gerak manusia, tetapi juga banyak aspek seperti material, daya tahan serta mendukung karakter kegiatan. Brand ini menggunakan material kayu mahoni, rotan, dan lainnya. Semua ini dikerjakan pengrajin asal Semarang, Jawa Tengah. Tidak heran, pada akhirnya hadirlah brand Ikons yang menawarkan produk berkualitas dan nyaman.

“Ikons hadir untuk memenuhi kebutuhan akan furnitur hotel, cafe, dan restoran yang cukup tinggi. Selain itu, dengan pengalaman yang ada, kami paham sekali dalam mewujudkan standar kenyamanan baik untuk pengguna maupun pengelola. Hal inilah yang membuat Ikons jadi sangat berbeda dengan produk-produk yang hanya menonjolkan kualitas visual semata,” pungkas James Wijaya.