LG Gelar Aksi Peduli Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

a5

Asrinesia.com – PT LG Electronics Indonesia (LG) turut dalam aksi sosial kemanusiaan menangani bencana erupsi Gunung Semeru yang  membuat masyarakat terdampak menjadi pengungsi.

Dibawah program LG Loves and Cares yang menjadi pilar kegiatan sosial perusahaan dalam perannya mendukung upaya pemulihan korban terdampak bencana di Indonesia.

“Sebagai perusahaan yang menjadi bagian hidup masyarakat Indonesia selama lebih dari 31 tahun, menjadi panggilan kami untuk pula turut bersama pemerintah dalam upaya penanganan bencana ini,” ujar Lee Taejin, President of LG Electronics Indonesia.

Aksi sosial LG Loves and Cares bagi masyarakat terdampak erupsi gunung Semeru ini diwujudkan melalui beberapa hal. Termasuk didalamnya yaitu membuka tenda kepedulian yang fokus membantu mencuci pakaian secara gratis, perbaikan pada perangkat elektronik hingga pemberian dukungan perangkat elektronik berupa freezer LG.

“Higienitas, termasuk kebersihan diri merupakan hal rentan yang mungkin bakal dialami masyarakat terdampak selama dalam pemukiman sementara,” ujar Kim Seungyoung, Customer Service President of LG Electronics Indonesia, alasan perusahaan dalam memberikan bantuan cuci pakaian secara cuma-cuma.

Sementara pemberian sejumlah unit freezer bagi dapur umum yang ada di tempat pemukiman sementara, menurutnya lagi, harapannya dapat digunakan sebagai pendukung penyimpanan berbagai bantuan bahan makanan untuk kebutuhan masyarakat terdampak erupsi gunung Semeru.

Terkait dengan program cuci pakaian gratis, LG menyediakan enam unit mesin cuci dengan kapasitas 16 kilogram. Bersama dengan tenaga pencuci dan kebutuhan air bersih, keberadaan program ini diharapkan dapat melayani hingga 100 orang dalam setiap harinya. LG sendiri tak membatasi jumlah cucian dari masing-masing orang yang mendatangi tenda kepedulian LG Loves and Cares ini.

Namun demikian, untuk menghindari terjadinya kerumunan, LG merancangnya sehingga masyarakat dapat datang dan mendaftarkan cuciannya pada petugas di tenda. Setelah proses pencucian selesai, petugas akan mengantarkan atau masyarakat dapat mengambilnya kembali dalam kondisi bersih.

“Meski dalam kondisi bencana, upaya memenuhi protokol kesehatan tetap kami upayakan untuk menjaganya sehingga tak timbul dampak lain yang tak diinginkan nantinya,” ujar Kim Seungyoung.

Selain itu, LG pula memberikan peluang bagi masyarakat sekitar untuk dapat melakukan perbaikan perangkat elektronik LG miliknya yang mengalami kendala. Khusus untuk program ini, sasarannya lebih luas, juga meliputi masyarakat sekitar yang tak langsung terdampak letusan gunung Semeru.

Bagi program perbaikan perangkat elektronik LG ini, perusahaan memberikan potongan setengah harga bila memang dibutuhkan penggantian suku cadang. Sementara bagi perbaikan yang tak membutuhkan penggantian, LG tak membebankan biaya jasa teknisi.

“Kami mengharapkan keseluruhan inisiatif sosial ini dapat turut memberikan dukungan semangat bagi masyarakat terdampak dan berbagai elemen yang turut dalam gerakan besar untuk mendukung penanganan dan pemulihan bencana ini,” ujar Lee Taejin.

Lebih lanjut ia menyatakan, tenda kepedulian LG Loves and Cares ini akan berlangsung sepanjang 25 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022. Namun demikian, lanjutnya, terdapat peluang bagi LG untuk memperpanjangnya dengan mempertimbangkan perkembangan kondisi di lapangan nantinya.