Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau

Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 11

Kafe kekinian kian menjamur di berbagai kota besar. Diharapkan selain dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat, desain kafe juga dihadirkan begitu beragam, dengan mengedepankan estetika dan kental dengan konsep konsep.

Salah satu kafe yang mengedepankan estetika dan sebagai ruang publik seperti co-working space adalah Kitiran Resto & Kafe, yang terletak di kawasan Jatibening, Bekasi yang bernuansa kehijauan.

Kafe ini menuangkan konsep kehijauan yang kental maka tidak mengherankan kalau bangunan ini muncul seperti hutan belantara kehijauan. Ditambah lagi, di tempat ini terdapat jenis tanaman seperti pepohonan, semak, dan tanaman rambat.

Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 12 Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 11

Pepohonan terdiri dari Kamboja (Plumeria rubra), Pule (Alstonia scholaris) dan pohon Kondang (ficus rasemosa) sebagai vocal point. Sedangkan semak, terdiri dari jenis semak-semak berbunga harum seperti Arumdalu (Cestrum nocturnum) dan Kaca piring (gardenia augusta). Tanaman rambat ada Thunbergia gladiflora ungu dan putih, Quisqualis (Combretum indicum), Nona makan sirih (Clerodendrum thomsoniae).

Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 8 Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 7

Kafe berlantai dua ini setiap lantainya terdapat taman hijau, Perbedaan taman bawah dan taman atas adalah pada taman bawah menggunakan tanaman yang tebal, padat, liar seperti alangalang dan juga semak-semak beraroma wangi. Pada taman atas, tanaman didominasi oleh vertical garden dan tanaman rambat yang dibiarkan liar hingga menutupi kanopi. Taman ini seolah-olah tersembunyi sehingga menghasilkan efek kejutan dari sebelum masuk hingga ketika pengunjung naik ke lantai atas.

Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 3

Nuansa taman yang hijau dan rimbun sudah langsung terasa begitu melangkahkan kaki di depan kafe. Akses masuk ke kafe ini baik dari pintu depan maupun pintu belakang, mempunyai koridor yang ditata sehijau mungkin dari mulai dari pintu masuk sampai dengan area dalam. Koridor yang berada di area jalan masuk menjadi magnet yang memikat para pengunjung kafe. Apalagi ditengah koridor ditempatkan pohon tunggal dengan batang cukup besar, berdiri dari lantai dasar sampai ke lantai dua. Untuk menembus ke lantai atas dibuatkan lubang khusus untuk pohon tersebut. Lalu agar pohon tersebut kokoh berdiri lurus di sanggah dengan besi besi yang melengkung.

Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 10 Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 9

Di tempat ini diberikan bangku-bangku kayu dan dudukan-dudukan disebar di halaman yang rindang. Beberapa bangku dan dudukan ini menjadi tempat yang asyik untuk menikmati minuman sambil berdiskusi. Tanaman rambat ditambahkan sehingga memberi nuansa hijau yang nyaman.

Kombinasi tanaman rambat hijau, bangku-bangku kayu, hingga dudukan ekspos benar-benar nuansa pemandangan yang memikat. Ditambah lagi dengan sirkulasi udara yang baik dan beberapa dekorasi berupa tanaman hijau membuat suasana menjadi sangat nyaman.

Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 2

Menurut pemilik kafe, Windasari menyatakan konsep taman seperti ini mungkin yang pertama ada di daerah Jatibening dan sekitarnya, sehingga cukup menarik peminat, baik keluarga maupun anak-anak dan anak muda yang menyukai spotspot instagramable. Dalam menentukan konsep desain taman pemilik mengaitkannya dengan Sentra Kota secara keseluruhan. “Kami ingin konsep hijau yang dominan sehingga Sentra Kota bisa menjadi ‘Oasis’nya untuk kawasan Jatibening,” tutur Winda.

Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 1 Kitiran Resto & Kafe, Kental dengan Nuansa Hijau 13

Kafe ini mempunyai konsep bangunan industrial green design, Konsep Industrialis yang bernuansa hijau karena pemakaian elemen tanaman yang dominan. Kafe ini mempunyai 5 zonasi yaitu, welcome area (jembatan sebagai entrance utama sampai rumah pohon), semi outdoor depan bar, ruangan indoor, outdoor samping; dan semi outdoor lantai 2. Hampir setiap area sitting menawarkan daya tariknya masing-masing.

Penulis : Didan N. Sardjono
Fotografer : Akhkamul Hakim