HANDLE PINTU – Menurut Tampilan dan Fungsinya

a00f19021-36a0-4164-b6bd-7db2c9bebfc0

Asrinesia.com – Kemajuan teknologi semakin memacu perkembangan desain arsitektur dan interior modern, sehingga rancangannya semakin nyaman dinikmati oleh pengguna, pengelola maupun pemilik bangunan rumah tinggal.

Selain itu, hotel, apartemen, perkantoran, shoping center, rumah sakit, termasuk gedung pemerintah juga merasakan kemajuan teknologi tersebut.

Salah satu bagian terpenting dari semua bangunan tersebut, adalah eksistensi pintu yang menghubungkan satu ruang dengan lainnya, sebagai lubang masuk (entrance) dan fungsi penyelamat dilengkapi daun pintu untuk menyekat ruang.

Pada kelengkapan daun pintu, peran handle (pegangan pintu) memiliki fungsi penting di samping penampilannya yang berukuran kecil, mudah digunakan dan selaras dengan arsitektur atau desain interiornya.

Fungsi handle pintu yang sangat penting dan mengikuti  desain pintu yang semakin trendy & stylish ini, dibahas oleh  3 pakar yang masing-masing berlatar belakang dengan latar belakang arsitektur, desain interior dan desain produk, dalam sebuah seminar online.

Mereka  terlibat membahasnya dalam sebuah Seminar Interior tentang HANDLE PINTU – Tinjauan Arsitektural, Ergonomi, dan Material.

Ketiga pakar tersebut adalah Diana Pratiwi, ST. (Desainer Interior-Founder @Pavilion19), Drs. M. Djalu Djatmiko, M.Ds,. (Pendiri dan anggota aliansi Desainer Produk Industri Indonesia-Kepala Studio Produk FAD Itenas), dan Anwar Subkiman, S.Sn, M.Ds.,HDII (Pengajar Desain Interior Itenas).

Seminar diselenggarakan oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) bersama Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung ini, didukung oleh perusahaan kunci Kenari Djaja dan media partner Asrinesia serta Property & Bank pada Kamis (29/07).

Dalam seminar ini arsitek Diana Pratiwi, ST menghadapi tuntutan desain yang semakin canggih dan trendi, memberikan tips melalui presentasinya yang berjudul ‘How to choose your best Door Handles’ untuk berbagai gaya arsitektur maupun desain interior.

Sedangkan Djalu Djatmiko, M.Sn memberikan pemapaparan tentang ‘Ergonomi Pada Desain Handle’. Ia menyatakan, harus tetap ada karakter yang pas dengan kebutuhan fungsi, material dan desainnya yang turut menentukan peran handle pintu pada suatu gaya arsitektur. Apabila bangunannya mengacu pada gaya tradisional yang kaya dengan berbagai etnik budaya.

Desainer Interior Anwar Subkiman, M.Sn menyampaikan ‘Bagaimana Menyilih Desain Handle Pintu Nusantara’ yang masih banyak penggemarnya.

Seminar virtual ini dipimpin oleh moderator Irma Rosalia Handayani, ST, HDII yang mengharap dapat menginspirasi desainer produk dalam menciptakan handle pintu yang memenuhi kebutuhan kreasi para Arsitek dan Desainer Interior.

Seminar yang diikuti oleh lebih dari 300 peserta terdiri dari  desainer muda, mahasiswa, dan pelaku pembangunan ini, banyak memberikan  ide kreatif untuk menginovasi karya karya para peserta seminar.

Direktur Kenari Djaja Hendry Sjarifudin dan  Ketua Umum HDII Rohadi, S.Sn., dalam seminar ini memberikan sambutan berkaitan dengan Kenari Djaja  tengah menyelenggarakan kegiatan kompetisi desain ‘hande pintu’ yang bisa dimanfaatkan mahasiswa dan professional muda untuk mengkaji dan mereformasi bentuk handel masa depan yang terbaik. Nama mereka akan tercantum pada produk handle pintu yang dipilih untuk diproduksi dan dipasarkan oleh Kenari Djaja.