Desain Arsitektur Hasil Kompetisi Menjadi Trend Setter Pembangunan Sekelilingnya

a9e42e98d-a67d-424b-b82d-f7aabf91c475

Asrinesia.com – Majalah Asrinesia bersama perusahan Kunci dan perlengkapan pintu KENARI DJAJA, tertarik membahas tentang karya arsitektur hasil suatu ajang kompetisi melalui seminar yang didukung narasumber berpengalaman dari pengurus dan anggota Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Seminar berjudul ‘ARSITEKTUR & KOMPETISI’ dan dipandu arsitek/desainer Irma R. Permadi yang berpengalaman sebagai Ketua penyelenggara Sayembara ‘Kenari Djaja Award 2021’, menampilkan dialog berbobot para pelaku kegiatan Sayembara Arsitektur dengan peserta dari kalangan Arsitek, Desainer Interior, mahasiswa, pelaku pembangunan dan masyarakat pemerhati arsitektur.

Alasannya, diadakan seminar ini salah satunya adalah karya para Arsitek Indonesia tidak kalah bagus secara desain maupun konsep dalam memenuhi kebutuhan klien dan tuntutan teknologi modern.

Desain arsitektur hasil suatu Kompetisi di dunia, dianggap sebagai karya pilihan terbaik yang berhasil memberi  pengalaman baru bagi Arsitek-nya, pemberi tugas, maupun masyarakat penerima pembangunan arsitekturnya.

Apresiasi terhadap desain arsitektur hasil kompetisi, antara lain karena desainnya lebih terukur dan serasi dengan lingkungan sekitarnya, sehingga makin banyak sayembara arsitektur diselenggarakan untuk mendapatkan desain bangunan yang baik oleh pemerintah maupun swasta.

Keikutsertaan para arsitek pada ajang kompetisi juga semakin meningkat, karena obyeknya yang bervariasi, serta imbalannya cukup menarik, di samping kesempatan sebagai Arsitek bisa cepat dikenal.

Seminar dengan kemasan virtual dan diikuti lebih dari 750 peserta ini dilangsungkan pada Kamis (17/02/2022), memaparkan pengalaman para narasumber mengikuti sayembara dan bagaimana kiat memenangkan sebuah desain arsitektur, yang diharapkan menggugah kiprah arsitek muda dan mahasiswa arsitektur untuk berani berkompetisi.

Ketua Umum IAI, Ar Georgius Budi Yulianto, IAI, AA, merespon baik kegiatan ini, mengingat melalui kompetisi arsitektur dapat mendorong hadirnya karya-karya terbaik Arsitek menghadapi era kekinian.

Pengalaman dalam membuat dan menyelenggarakan sayembara yang kompeten, disampaikan oleh senior Arsitek Budi Adelar Sukada IAI yang  mengawali dan menggawangi kompetisi arsitektur di organisasi profesi Ikatan Arsitek Indonesia.

a5

Dari pengalamannya telah banyak desain arsitektur hasil kompetisi yang telah dibangun menjadi ‘trend setter’ pembangunan lain di sekitarnya.

Kemudian Arsitek Ery J. Wiemar, IAI  dari Bidang Sayembara dan Penghargaan IAI, melengkapi pengalaman penyelenggarakan sayembara arsitektur yang baik, sehingga berhasil ditingkatkan untuk mendapatkan penghargaan IAI Award.

Kegiatan yang sangat menginspirasi ini, menjadi salah satu ikon dari IAI dalam membantu masyarakat dan pemerintah memperoleh desain arsitektur dan lingkungan yang terbaik.

Arsitek pemenang kompetisi dan penerima penghargaan IAI Award, Ary Indrayanto, IAI dari biro Aboday, memperlihatkan hasil karya arsitektur yang berhasil dimenangkan dari berbagai Kompetisi Arsitektur.

Kiat memenangkan sayembara arsitektur disampaikan mulai dari pengalaman di dalam negeri hingga kompetisi yang diadakan di luar negari.

Pengalaman prestisius memenangkan berbagai katagori proyek, disampaikan oleh Arsitek pemenang karya arsitektur  Chandra Pradita Putra, IAI dari LABWrks Architects, untuk diketahui masyarakat luas melalui kompetisi yang dipublikasikan secara terbuka.